Majalah Gaiya

MELALUI KAMAPI YOUTH DAY, ORANG MUDA KATOLIK SEMAKIN SOLID DAN SOLIDER, SEKALIGUS MENJIWAI ROH TUNGKU API KELUARGA

KEUSKUPANTIMIKA.ORG – Pastor Benyamin Sugiyatangu Magai Pr., Moderator Orang Muda Katolik (OMK) Empat Dekenat yaitu Paniai, Tigi, Kamapi, dan Moni Puncak, sekaligus Pastor Paroki St. Petrus Mauwa, mengharapkan agar melalui Kamapi Youth Day (KYD), OMK semakin solid dan solider, sekaligus menjiwai roh tungku api keluarga.

Hal ini diungkapkan Pastor Benyamin saat pemaparan materi dengan topik, “OMK Harapan Gereja Masa Kini dan Masa Depan”, pada pelaksanaan KYD di Paroki St. Petrus Mauwa, Rabu, 26 Juni 2024.

Menurut Pastor Benyamin, salah satu tujuan dari pelaksanaan KYD ini adalah agar OMK semakin solid dan solider, semakin mendalam cintanya kepada Tuhan, serta semakin meluas cintanya kepada sesama dan alam ciptaan.

Tujuan ini dapat terwujud jika semua peserta dapat mengikuti dan memaknai enam landasan penting yang sudah termuat dalam semua kegiatan yang telah dijadwalkan oleh panitia KYD.

Enam landasan tersebut adalah: perayaan iman, pengalaman gereja, pengalaman misioner, penegasan panggilan dan panggilan kepada kekudusan, pengalaman peziarahan, serta pengalaman persaudaraan insani universal.

Sementara itu, terkait penjiwaan terhadap roh tungku api keluarga, Pastor Benyamin mengatakan bahwa OMK ke depannya harus memiliki rumah agar tidak menjadi beban keluarga. OMK harus berkebun agar dapat memanfaatkan tanah sebagai tungku api keluarga. OMK juga harus berternak agar mandiri dan dapat bersaing. Selanjutnya, OMK jangan sekali-kali menjual tanah untuk hidup tetapi sebaliknya mengolah tanah untuk hidup.

OMK sebagai harapan Gereja masa kini dan masa depan berarti OMK harus berdinamika menuju kemandirian iman. OMK juga harus saling membantu dan menguatkan dalam setiap kisah iman. OMK juga harus terbuka dan berperan dalam menampilkan wajah Allah.

Selain itu, OMK sebagai harapan Gereja masa kini dan masa depan juga berarti OMK adalah pelaku utama dalam semangat dan gerak menuju gereja yang mandiri.

Kamapi Youth Day (KYD) merupakan agenda tahunan orang muda di dekenat itu, di mana tuan rumah pelaksana kegiatan ini bergilir di antara paroki-paroki di Dekenat KAMAPI.

KYD tahun 2024 secara resmi dibuka oleh Pastor Administrator Keuskupan Timika, Pastor Marthen Ekowaibi Kuayo Pr., pada Selasa, 25 Juni 2024 dan diikuti 700-an OMK dari 11 paroki. Tema KYD tahun ini yaitu “Berjalan Bersama Pendidikan Menuju OMK yang Beriman, Cerdas, dan Berkarakter”. *** JIMMY & ALLO

Keuskupan Timika

Official WEB Keuskupan Timika di kelola oleh Komisi Komunikasi Sosial

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button