Warta Paroki

RAYAKAN ULANG TAHUN KEEMPAT, PAROKI SANTO PETRUS MBUGULO MEMADUKAN SYUKUR DAN HARAPAN

KEUSKUPANTIMIKA.ORG – Hari Ulang Tahun Paroki Santo Petrus Mbugulo yang jatuh pada tanggal 21 November 2023 adalah hari ulang tahun yang ke-4. Pada hari ulang tahun ini ada dua kegiatan inti yang dilaksanakan, antara lain Perayaan Syukur Hari Ulang Tahun dan acara bakar batu.

Perayaan Syukur ini dipimpin oleh Pastor Paroki, Pastor Silvester Ekowaagaibi Dogomo, Pr dengan konselebran utama: Para akolit dan Para pewarta 6 stase. Para undangan dan para hadirin, seperti umat dari Gereja Kemah Injil Papua (GKIP) dan Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII), turut hadir dalam seluruh acarah ulang tahun ini.

Acara Hari Ulang Tahun Paroki ini baru dilaksanakan pada hari Minggu, 03 Desember 2023. Pada hari minggu adven pertama ini, Pastor Paroki menghimbau kepada seluruh umat serta semua yang hadir agar melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan sebagai panggilan Tuhan.

Dalam perayaan itu pastor Paroki berpesan agar melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik sebagai tanda berjaga. “Sebagaimana Yesus mengajar para murid-Nya dengan perumpamaan, demikian juga kini, Yesus berpesan kepada kita agar kita memandang dan melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita masing-masing sebagai sebuah panggilan dari Tuhan untuk kita laksanakan ‘hanya’ selama hidup di dunia ini.”

Menurutnya dengan demikian, tugas dan tanggung jawab kita menjadi bukti nyata pertanggugjawaban kita setelah beralih dari dunia ini. “Tidak ada tugas dan tanggung jawab seperti itu setelah berpindah ke kehidupan selanjutnya. Justru itulah yang menjadi bukti pertanggungjawaban kita di pengadilan terakhir untuk masuk ke dalam kehidupan yang kekal”.

Menurutnya, hal ini diangkat karena hari minggu ini adalah hari minggu HARAPAN “Lilin satu menyalah. Itu berarti lilin HARAPAN.” “jangan pernah putus harapan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Karena kalau kita putus harapan maka semua hasil usaha kita akan menjadi sia-sia dan berhenti sampai di situ”, lanjutnya untuk memberi peneguhan kepada umatnya.

Seusai perayaan syukur dilanjutkan dengan foto bersama dan acara bakar batu. Menurut Sekertaris Dewan Paroki Mbugulo, Bapa Emiel Kobogau, selaku ketua panitia hari ulang tahun Paroki yang ke-4 mengatakan perayaan itu dilaksanakan guna mengucap syukur kepada Tuhan, “Kami: Pastor Paroki, Dewan harian Paroki, para BPGS dan para Pewarta dari 6 Stase mengucap syukur kepada Tuhan atas perlindungan-Nya selama 4 tahun Paroki berdiri”. Kami pun berharapap agar Keuskupan dan Dekenat dukung kami dalam doa-doanya agar semangat awal berdirinya Paroki ini tetap ada”, lanjutnya untuk menyampaikan harapannya kepada Keuskupan Timika dan Dekenat Moni-Puncak Jaya.

Foto bersama dan Acara Bakar Batu

Hal senada dikatakan oleh Bapa Malek Ugipa, selaku ketua Panitia Natal 2023, “Benar, kami mengucap syukur kepada Tuhan, Keuskupan dan Dekenat serta Pastor kami yang telah menjaga dan memperhatikan kami hingga saat ini kami dapat merayakan hari ulang tahunnya yang ke-4”.

Pastor Paroki pun menyetujuinya, “Iya, saya setuju bahwa Perayaan Syukur hari ulang tahun dan acara bakar batu merupakan bentuk ucapan syukur kepada Allah Tritunggal Maha Kudus yang menjaga dan melindungi Paroki Santo Petrus Mbugulo hingga berusia 4 tahun. Sekaligus, ini sebagai harapan untuk tetap menjaga agar semangat seluruh umat tetap ada dan hidup, apalagi masih berusia balita. Semoga partisipasi seluruh umat dalam perayaan syukur serta persatuan dan kebersamaan dalam acara bakar batu ini tetap dijaga terus untuk membangun Gereja Kristus di dunia”, tutupnya. ***P.SEED.

Keuskupan Timika

Official WEB Keuskupan Timika di kelola oleh Komisi Komunikasi Sosial

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button